Sejarah Berdirinya Paypal ~ Tidak terdengar asing lagi jika anda pernah bertransaksi online di internet, tidak asing lagi jika anda pernah berbelanja di ebay, tidak asing lagi jika anda pernah membaca buku ‘Zero to One’ karya Peter Thiel, tidak asing lagi jika anda pernah membaca buku biografi Elon Musk.

Ya paypal merupakan perusahaan yang menyediakan layanan transaksi online lewat email. Dengan paypal kita bisa berbelanja ke luar negeri, walaupun tidak memiliki kartu kredit, dengan paypal kita bisa mengirim uang dengan mudah ke luar sana, bahkan dengan tanpa fee sekalipun.

Paypal Bermula dari 2 perusahaan yang ingin saling menghancurkan satu sama lain yang akhirnya bersatu menjadi perusahaan baru bernama Paypal

Dua perusahaan tersebut adalah X.com yang diketuai oleh Elon Musk Confinity yang didirikan oleh Max Levchin, Peter Thiel, and Luke Nosek.

dibalik Paypal ada 2 tokoh penting yang paling dikenal, mereka adalah

peter thiel
Peter Thiel

Peter thiel adalah Pendiri Confinity

elon musk
Elon Musk

Mungkin yang kedua ini tidak perlu saya jelaskan siapa itu elon musk, hampir semua orang yang memiliki minat di bidang teknologi tau siapa itu elon musk, the real life iron man

Lokasi perusahaan yang berdekatan membuat perang antara dua perusahaan ini tidak bisa dihindari,

Masing-masing perusahaan menjadi terkunci dalam pertempuran sengit untuk menunjukan masing-masing fitur untuk menarik lebih banyak pengguna, mengetahui bahwa siapa pun yang menjadi lebih besar dengan cepat akan menang. Puluhan juta dolar dihabiskan untuk promosi, sementara jutaan dollar lagi yang hangus di tangan peretas yang memanfaatkan layanan tersebut sebagai taman bermain baru untuk penipuan.

Untuk cerita lebih lanjut dan lebih jelas, dibawah ini adalah timeline sejarah berdirinya paypal sampai dengan diakusisinya Paypal oleh ebay pada tahun 2002. Timeline ini saya rangkum dari buku The Paypal Wars yang ditulis oleh Eric M. Jackson pada tahun 2004

The Paypal Wars Book
The Paypal Wars

Agustus 1998: Peter Thiel memberi ceramah di Stanford tentang globalisasi dan kebebasan politik. Max Levchin memperkenalkan dirinya. Setelah mematikannya, mereka meluncurkan perusahaan bernama Fieldlink di sekitar informasi terenkripsi di Palm Pilots. Sebagai aplikasi, mereka cenderung ke arah pembayaran elektronik, memungkinkan penyimpanan uang di Palm Pilots dan mentransfer atau “berseri-seri” uang melalui antarmuka IR. Mereka mengganti nama perusahaan menjadi Confinity.


Januari 1999: Elon Musk mendirikan X.com, dengan visi menyediakan portal keuangan untuk perbankan, investasi, jalur kredit, dana indeks, dll.


Mei 1999: eBy mengakuisisi perusahaan pemrosesan kartu kredit Billpoint.


Juli 1999: Confinity menerima $ 3 juta dalam pendanaan ventura, berseri-seri antara Palm Pilots dalam aksi PR.


Oktober 1999: Paypal diluncurkan untuk umum, memungkinkan siapa saja dengan alamat email untuk mengirim uang. Ini memperluas pasar di luar pemilik Palm Pilot. Secara kritis, PayPal menawarkan bonus referensi $ 10 untuk setiap pengguna baru, dan $ 10 hanya untuk mendaftar. Ini menjadi pendorong terbesar pertumbuhan pengguna mereka, dan juga salah satu pembakar uang terbesar mereka.

Desember 1999: PayPal menjalankan promosi dengan Scotty dari Star Trek, memberikan $ 1 juta uang gratis kepada pengguna yang dipilih secara acak. Penulis mencatat ini gagal, dengan sedikit perhatian media.


Desember 1999: Pengikut cepat diluncurkan dan bersaing dengan PayPal. dotBank meniru fungsionalitas PayPal dan memberikan bonus rujukan $ 5. PayPal menyalin fitur pembayaran dan faktur grupnya. X.com meniru pembayaran email PayPal di atas layanan rekening bank yang ada. Mereka menawarkan bonus $ 20 untuk pengguna baru.


Desember 1999: PayPal dengan cepat menyebar melalui komunitas penjual eBay. Penjual menambahkan logo PayPal dan tautan pendaftaran ke deskripsi lelang, berharap mendapatkan bonus rujukan serta bertransaksi dengan cepat begitu lelang ditutup. Dalam beberapa minggu, mereka menjadikan eBay fokus utama mereka, berharap dapat membangun efek jaringan di antara komunitas yang saling berhubungan erat yang sering bertransaksi. Mereka membangun alat untuk login sebagai penjual eBay dan memasukkan PayPal secara otomatis ke dalam daftar lelang. X.com mengikuti mereka ke eBay dalam beberapa hari. dotBank tidak, dan penulis menyarankan ini adalah bagian dari alasan dotBank berjuang untuk mendapatkan traksi dan kemudian mati.


Akhir 1999: PayPal memiliki 10.000 akun.


Januari 2000: Confinity mengumpulkan $ 23 juta dalam Seri B dari idealab Capital Partners (idealab nantinya akan bersaing dengan mereka) dan Goldman Sachs.


Januari 2000: PayPal mengembangkan bot untuk secara otomatis mengirim pesan kepada penjual eBay, dengan mengatakan mereka akan menawar lelang jika mereka menerima PayPal. Barang apa pun yang mereka menangkan disumbangkan untuk amal. Akhir Januari tahun 2000 PayPal memiliki 100.000 akun dan mulai menandatangani 10.000 akun per hari. Tetapi ini juga berarti mereka membayar lebih dari $ 100.000 per hari dalam bentuk bonus kepada pelanggan! Selain itu, karena beberapa pengguna PayPal menyimpan saldo, sebagian besar dari mereka menggunakan kartu kredit untuk mendanai pembayaran, yang harganya 2% untuk setiap transaksi.


Februari 2000: “Saham listing” PayPal, atau % lelang yang didukung PayPal, mencapai 6%. Februari 2000: ideaLab (yang telah berinvestasi di Confinity) meluncurkan PayMe untuk pembayaran email.


Maret 2000: Confinity bergabung dengan Elon Musk’s X.com. Strateginya adalah untuk menghindari persaingan yang mahal, gunakan PayPal untuk mendapatkan pengguna, lalu naikkan mereka ke layanan X.com (seperti dana indeks S&P minimum) untuk mendapatkan pendapatan. Bill Harris, mantan CEO Intuit dan CEO X.com, menjadi CEO baru. X.com Eksekutif Confinity meminta Peter, Max, dan Reid mempertahankan posisi kepemimpinan.

confinity and x.com become paypal


Maret 2000: Persaingan memanas dari pesaing utama. Semua orang bersaing untuk supremasi pembayaran online. eBay mengumumkan Billpoint, layanan pembayarannya sendiri. Wells Fargo memiliki 35% saham dan menyediakan pemrosesan back-end dan dukungan pelanggan. eBay kemudian menandatangani Visa sebagai mitra. Sekitar saat ini Amazon mengakuisisi Terima dan memiliki bisnis lelang online sendiri. Yahoo mengakuisisi dotBank untuk meningkatkan bisnis lelang online-nya (saat ini ¼ ukuran daftar eBay) dan meluncurkan PayDirect. Bank One meluncurkan eMoneyMail. PayMe Idealab bergabung dengan PayMyBills.com.


Akhir Maret 2000: eBay meluncurkan serangan pertamanya di PayPal dengan membatasi ukuran piksel dari logo pihak ketiga dalam daftar penjual. “share listing” PayPal adalah 20%, naik dari 10% pada awal Maret. 18.000 pelanggan per hari mendaftar; mereka melampaui 1 juta pengguna. Mereka memproses lebih dari $ 1 juta dalam pembayaran harian, dua kali lipat Februari. Mereka membukukan pendapatan $ 1,2 juta dibandingkan dengan $ 23,5 dalam biaya operasional. Uang tunai turun ke beberapa juta. Pertumbuhan pengguna yang cepat juga menyebabkan masalah layanan pelanggan mereka berjuang untuk menyelesaikan.


Akhir Maret 2000: Pasar saham mulai terjun bebas.


April 2000: X.com meningkatkan putaran $ 100 juta, tepat pada waktunya untuk menghindari tekanan dari pasar saham yang jatuh.


April 2000: eBay meluncurkan Billpoint, mempromosikannya dengan hari daftar gratis untuk penjual yang memasukkannya sebagai opsi dalam daftar mereka. Dalam sehari, daftar saham Billpoint tumbuh dari 1% menjadi 10%. Tim ini mengalami demoralisasi, tetapi menetap di 6% setelah promosi. Pada pertengahan Mei, bagian PayPal adalah 35%, dibandingkan dengan 9% Billpoint. Billpoint berjuang untuk mendapatkan daya tarik karena memerlukan biaya, tidak memiliki bonus referensi, dan tidak memiliki fitur PayPal. X.com mendirikan pusat layanan pelanggan 500-orang di Omaha, NE.


Mei 2000: Dalam menghadapi pertumbuhan, X.com berjuang untuk mempertahankan kinerja situs web, layanan pelanggan, dan model bisnis yang berkelanjutan. Itu telah gagal untuk meningkatkan pengguna PayPal pada produk keuangan X.com – back-end mereka bahkan belum kompatibel. Bill Harris sendiri telah berfokus pada kesepakatan pengembangan bisnis, seperti dengan situs web grup sosial, eGroup dan eCircles, dan situs web bayar untuk berselancar, AllAdvantage. Perusahaan-perusahaan ini yang tidak memiliki model bisnis yang berfungsi akan hilang dalam setahun.


5 Mei 2000: Peter Thiel mengumumkan pengunduran dirinya sebagai EVP. Penulis percaya konflik dengan Harris menyebabkan ini – Harris ingin membebani pelanggan biaya untuk mengirim uang, yang ditentang Peter (Bank One telah melakukan ini dan membunuh eMoneyMail). Juga, Harris menggunakan dana perusahaan untuk menyumbangkan $ 25k kepada partai Demokrat.


11 Mei 2000
: Elon Musk menggalang dewan untuk memindahkan Bill Harris dan menunjuk dirinya sendiri sebagai CEO, dan Peter Thiel sebagai ketua.

Juni 2000: X.com membentuk tim produk baru (“produsen”) dengan 5 anggota, yang dimaksudkan untuk membangun sesuatu. Area fokus mereka adalah fitur bisnis, anti-penipuan, produk mitra, produk lelang, dan pemasaran produk. [Perhatikan bahwa hanya satu orang, penulis, yang bertanggung jawab atas pemasaran sehari-hari untuk perusahaan dengan skala ini. X.com perlu menghasilkan uang – itu membakar $ 10 juta sebulan pada bonus pendaftaran dan pemrosesan kartu kredit. Mereka juga memperkenalkan akun bisnis tanpa batas kartu kredit dan dengan dukungan 24 jam, tetapi membutuhkan 1,9% untuk setiap transaksi.


13 Juni 2000: eBay mengakuisisi half.com di mana penjual dapat memposting barang standar dengan harga tetap. PayPal khawatir half.com akan menjadikan Billpoint prosesor wajib, memotong PayPal.


Juli 2000: Lebih banyak fitur dari produsen:
PayPal meluncurkan checkout satu klik untuk situs e-commerce, menambahkannya sebagai fitur premium untuk akun bisnis mereka. Mereka juga mensyaratkan pendaftaran rekening bank untuk menerima bonus $ 5 atau “diverifikasi,” yang membantu mendorong penggunaan rekening bank daripada kartu kredit dan mengurangi risiko penipuan dengan menurunkan pemeriksaan latar belakang ke bank. Mereka juga menawarkan jaminan transaksi untuk uang yang dikirim ke pengguna yang diverifikasi.


Juli-Agustus 2000: Ketegangan meningkat dengan kepemimpinan Musk. Musk lebih memilih untuk melakukan migrasi PayPal dari Oracle ke Windows NT, yang memiliki masalah dengan stabilitas. Max Levchin mengancam untuk meninggalkan ini. Musk juga mengumumkan pembekuan fitur sampai migrasi selesai, yang membatasi kemampuan mereka untuk mengurangi pembakaran uang dan meningkatkan penipuan dan masalah layanan pelanggan.
Di Q3, pembayaran harian mencapai $ 4,6 juta, tetapi mereka kehilangan $ 150.000 setiap hari. Penipuan saja membutuhkan $ 5 juta, atau 1,2% dari semua volume pembayaran. Pada akhir Q3, mereka akan mengalami kerugian operasi $ 92 juta dibandingkan pendapatan $ 6 juta. Ada gesekan yang sudah berlangsung lama tentang branding. X.com memiliki bagasi (terkait dengan seks, file X, X-game muda) sementara PayPal memiliki loyalitas yang jauh lebih kuat. Tapi Elon menikah dengan X dan bersikeras merek X-PayPal. Rumor: dia membayar $ 1 juta untuk domain tersebut. Elon memerintahkan merek PayPal untuk dihapus dari situs web; David Sacks (Wakil Presiden strategi, menjadi wakil presiden desain situs web) mengatakan Elon harus memecatnya untuk mengubahnya.


Oktober 2000: Staf PayPal melakukan pemberontakan untuk menggulingkan Musk sebagai CEO saat dia berada di Olimpiade Sydney, dengan Peter Thiel mengambil peran. Max Levchin menghasut upaya, merekrut Sacks, Hoffman, dan sebagian besar perusahaan untuk menandatangani petisi yang mengancam untuk pergi jika dewan tidak menghapus Elon. Peter membalikkan arah, menghentikan pengodean ulang PayPal untuk fokus pada menstabilkan arus kas, dan kembali ke merek PayPal. Dia juga membunuh divisi perbankan X.com.


Oktober 2000: Langkah-langkah pemotongan biaya:
Penulis meluncurkan persyaratan untuk membatasi akun PayPal gratis hingga $ 500 dalam transaksi kartu kredit setiap enam bulan. Ini awalnya kontroversial, tetapi sebagian besar penjual mengadopsinya daripada berhenti menerima PayPal. “PayPal memberikannya gratis sampai mereka membuat kita ketagihan dan kemudian mulai menagih. ”Orang akan selalu membenci ditagih untuk hal-hal yang pernah gratis, bahkan jika mereka harus menghargai bahwa mereka mendapatkan barang gratis untuk memulai. Perlindungan penjual diperketat untuk meminta bukti pengiriman. Perlindungan pembeli diperketat untuk memiliki potongan $ 50 dan $ 200.


Oktober 2000: eBay meluncurkan lebih banyak serangan, dengan fitur Beli Sekarang baru yang menyalurkan pengguna ke Billpoint secara default, dan mengubah nama Billpoint sebagai Pembayaran eBay. PayPal terus meluncurkan akun internasional dan bunga pada saldo PayPal (sehingga memberi insentif keseimbangan dan mengurangi pembayaran kartu kredit).


Akhir 2000: Sebagai hasil dari akun bisnis, PayPal menunjukkan keuangan yang lebih baik. Mereka telah memproses pembayaran $ 1 miliar sepanjang waktu, dan mencapai $ 6 juta per hari, meningkat 29% dari Q3. Q4 menunjukkan $ 25,4 pada kerugian vs $ 7,4 juta dalam pendapatan, dibandingkan dengan $ 36,7 juta dalam kerugian vs $ 1,0 juta pada pendapatan di Q3. Margin transaksi meningkat dari -3,28% di Q3 menjadi -0,92% di Q4. PayPal memiliki daftar listing 50%, dibandingkan dengan 20% Billpoint.


Januari 2001: Yahoo Auctions, yang pernah menjadi pesaing eBay, menderita karena orangtua Yahoo menderita dalam ledakan dotcom dan diharuskan untuk menghasilkan uang. Ini mengakhiri lelang gratis dan menerapkan biaya, menambah jumlah daftar Yahoo sebesar 80%. eBay muncul sebagai platform lelang yang dominan. Yahoo secara cerdik mencoba untuk memungkinkan penjual mengimpor peringkat umpan balik eBay ke dalam profil Yahoo, untuk menurunkan biaya pengalihan. Tetapi eBay memenangkan protes hukum terhadap ini. Ini melemahkan posisi PayPal, karena memiliki pesaing yang kuat ke eBay akan mendiversifikasi pendapatan PayPal dan mencegah eBay melarang PayPal secara langsung (karena penjual dapat melarikan diri ke situs lain).


Januari 2001: PayPal meluncurkan beberapa pelanggaran:
PayPal Preferred, memberikan 1,5% uang tunai kepada penjual untuk menggunakan kartu debit, dengan syarat menjadikan PayPal satu-satunya layanan pembayaran dalam lelang mereka. Ini berlaku mengurangi biaya penjual sebagai imbalan untuk menghapus Billpoint. Toko PayPal, mendorong pengguna untuk bertransaksi di luar eBay. Pemberitahuan Penawar Kemenangan, mengirim email ke pembeli yang menang dengan instruksi PayPal
Smart Logos, yang mengubah logo rujukan menjadi tombol Pay Now yang terang begitu penawaran berakhir. Defensive: PayPal meluncurkan “tes reverse Turing” (alias CAPTCHA) untuk mengurangi pendaftaran akun yang curang. Mereka juga membekukan akun dengan aktivitas transaksi yang mencurigakan (menimbulkan beberapa false positive di sepanjang jalan).


Maret 2001: Pendapatan meningkat menjadi $ 13,2 juta pada kuartal tersebut dan kerugian menyempit menjadi $ 12,1 juta. Volume meningkat sebesar 18% menjadi $ 7 juta setiap hari. PayPal mengumpulkan Seri D $ 90 juta, membawa uang tunai menjadi $ 130 juta.


Juni 2001: Serangan eBay. Mereka meluncurkan Toko eBay, membiarkan penjual memiliki etalase merek sendiri. Ini membatasi opsi pembayaran ke akun merchant kartu kredit atau Billpoint. PayPal mengancam tindakan hukum (dengan alasan antimonopoli), dan eBay mengalah, yang memungkinkan PayPal dalam hal layanan. eBay secara otomatis memeriksa opsi Billpoint ketika penjual membuat daftar baru, menyebabkan lompatan dari 25% menjadi 30% dalam semalam (PayPal berada pada 70%). PayPal memberi tahu penjual mereka, memperingatkan mereka tentang langkah tersebut dan menyarankan mereka menutup akun Billpoint. eBay mengembalikan fitur ini dan bagian lelang mereka kembali ke 25%.


Juli 2001: Peter Thiel ingin mendiversifikasi pendapatan. Mereka mendorong produk pembayaran Situs Web, memungkinkan penjual untuk menggunakan PayPal di etalase mereka sendiri. Billpoint tidak dapat bersaing di sini, karena eBay tidak ingin memindahkan transaksi dari eBay. Mereka juga melihat perjudian online dan pornografi; sementara karyawan umumnya setuju dengan yang pertama, mereka tidak menyukai yang kedua.


11 September 2001: World Trade Center diserang. eBay meluncurkan kampanye Lelang untuk Amerika, memungkinkan pengguna melelang barang untuk amal. Namun, ini dikritik oleh penjual karena membanjiri pasar dengan lelang amal, dan dengan membuat Billpoint wajib.


28 September 2001: File PayPal ke IPO, perusahaan pertama yang melakukannya setelah 9/11. Mereka ingin mengumpulkan $ 80 juta dengan penilaian sekitar $ 800 juta. Reaksi pers sebagian besar negatif. Setelah gelembung dotcom, orang-orang skeptis dengan kurangnya keuntungan. Mereka belajar dari kesalahan IPO eBay karena tidak mengizinkan penjual top ke dalam proses IPO. PayPal mengukir sebagian saham untuk 10 ribu pelanggan mereka.


Oktober 2001: eBay meluncurkan Checkout, dipimpin oleh Jeff Jordan. Ini wajib pada semua daftar AS dan saluran pengguna secara eksklusif ke Billpoint. Penjual mengeluh bahwa itu mengganggu alur kerja lama mereka mengumpulkan informasi pengiriman pembeli dan memberikan instruksi pembayaran. eBay menghapus fitur ini pada pertengahan November. PayPal juga membangun fitur “nonaktifkan Checkout” yang masuk ke akun eBay untuk menonaktifkan Checkout.


28 September 2001: File PayPal ke IPO, perusahaan pertama yang melakukannya setelah 9/11. Mereka ingin mengumpulkan $ 80 juta dengan penilaian sekitar $ 800 juta. Reaksi pers sebagian besar negatif. Setelah gelembung dotcom, orang-orang skeptis dengan kurangnya keuntungan. Mereka belajar dari kesalahan IPO eBay karena tidak mengizinkan penjual top ke dalam proses IPO. PayPal mengukir sebagian saham untuk 10 ribu pelanggan mereka.


Oktober 2001: eBay meluncurkan Checkout, dipimpin oleh Jeff Jordan. Ini wajib pada semua daftar AS dan saluran pengguna secara eksklusif ke Billpoint. Penjual mengeluh bahwa itu mengganggu alur kerja lama mereka mengumpulkan informasi pengiriman pembeli dan memberikan instruksi pembayaran. eBay menghapus fitur ini pada pertengahan November. PayPal juga membangun fitur “nonaktifkan Checkout” yang masuk ke akun eBay untuk menonaktifkan Checkout.


Akhir 2001: PayPal memiliki pendapatan $ 103,7 juta. Menambahkan 20k akun baru setiap hari dan mencapai 12,8 juta pengguna. Juga, PayPal akhirnya mencapai profitabilitas pada operasinya, tidak termasuk kompensasi stok dan amortisasi goodwill. CEO eBay Meg Whitman mendekati Peteang. eBay meluncurkan kampanye Lelang untuk Amerika, memungkinkan pengguna melelang barang untuk amal. Namun, ini dikritik oleh penjual karena membanjiri pasar dengan lelang amal, dan dengan membuat Billpoint wajib.

Akhir 2001: PayPal memiliki pendapatan $ 103,7 juta. Menambahkan 20k akun baru setiap hari dan mencapai 12,8 juta pengguna. Juga, PayPal akhirnya mencapai profitabilitas pada operasinya, tidak termasuk kompensasi stok dan amortisasi goodwill. CEO eBay Meg Whitman mendekati Peter Thiel dengan tawaran akuisisi dengan harga sedikit di bawah penilaian IPO. Dewan menolak, ingin melihat sisi positif IPO.


6 Februari 2002: Dekat dengan tanggal IPO, PayPal menarik tindakan hukum oportunistik.
CertCo menuntut PayPal atas pelanggaran paten, memicu persyaratan untuk mengubah prospektus bagi investor dan menunda IPO. Beberapa hari kemudian, Louisiana’s AG memerintahkan gencatan dan penghentian sampai PayPal menerima lisensi pengiriman uang. PayPal berebut untuk menghubungi setiap negara bagian dan mencegah perintah serupa lainnya. SEC menuduh PayPal melanggar masa tenang, ketika mereka memesan survei merek dari Gartner.
Dengan semua tindakan ini, Peter Thiel mendorong untuk mengeluarkan IPO secepat mungkin, mengorbankan beberapa penilaian.


15 Februari 2002: PayPal menyelesaikan IPO, mengumpulkan $ 70 juta dengan penilaian sekitar $ 800 juta.


Akhir Februari 2002: eBay membeli saham Wells Fargo di Billpoint, menyarankan pelanggaran segera di PayPal.


April 2002: eBay melanjutkan pembicaraan untuk mengakuisisi PayPal, sekarang bernilai lebih dari $ 1 miliar. Ini akan mengakhiri persaingan berdarah dan mengamankan posisi PayPal dalam pelelangan, tetapi itu juga akan membatasi PayPal di dalam dinding eBay, menghambat visi menjadi “sistem operasi pembayaran”. Tapi rumor pembicaraan melonjak harga saham PayPal, yang menghentikan pembicaraan dan menimbulkan ketidakpercayaan.


Mei 2002: PayPal memiliki 750 karyawan tetap, dengan 541 layanan pelanggan. PayPal menyentuh beberapa tambalan kasar. Volume pembayaran lelang mereka terhenti untuk pertama kalinya. Bagiannya konstan di 70% – eBay sendiri mungkin mengalami penurunan. Tuntutan class action muncul di sekitar positif palsu anti-penipuan mereka, membekukan akun penjual yang sah. Penawaran kedua yang dirancang untuk mengubah periode penguncian menurunkan harga saham. Dari harga tertinggi $ 30, harganya turun menjadi $ 19 pada akhir Juni. eBay mengancam untuk membalas dengan Billpoint, dan tim PayPal lelah.


Juni 2002: eBay menjadi tuan rumah eBay Live untuk komunitas dan mitranya. PayPal adalah vendor resmi, dan mereka meningkatkan profil mereka, memberikan t-shirt gratis di resepsi besar dan memberikan hadiah kepada orang-orang yang memakai T-shirt di konvensi pada hari berikutnya. Hal ini menyebabkan 1 dari 4 peserta memakai T-shirt PayPal – memalukan bagi eBay.

8 Juli 2002: eBay mengumumkan akuisisi PayPal untuk $ 1,5 miliar pada saham eBay, sebuah premi 18% dari harga saham saat ini. Pada titik ini, lebih dari 70% dari semua lelang eBay menerima PayPal, dan ¼ tindakan tertutup diselesaikan melalui PayPal.
Meg Whitman berbicara di PayPal, menyuarakan nada berdamai. “Berapa banyak dari Anda telah membeli atau menjual di eBay? Pagi ini saya bertanya kepada eBay berapa banyak PayPal yang digunakan. 98% dari mereka mengangkat tangan.” Manajemen PayPal telah memutuskan bahwa jika perang dengan eBay terus berlanjut, itu akan mencapai titik tidak dapat dikembalikan di mana kompromi di masa depan tidak mungkin.


Oktober 2002: PayPal dan eBay mendekati penutupan akuisisi mereka dan mulai berkolaborasi dalam integrasi. Penulis mencatat bahwa budaya eBay adalah kelas berat dan birokratis – pertemuan menuntut setiap pemangku kepentingan yang terlibat dari jarak jauh, sedikit yang diputuskan, dan pelaksanaannya lambat. Tidak heran Billpoint membutuhkan waktu lama untuk mengimplementasikannya!