Google AI Experiments

Apa itu AI atau Kecerdasan Buatan dan Google AI Experiments

Apa perbedaan Kecerdasan buatan dengan AI? Jawabannya adalah tidak ada, karena kecerdasan buatan adalah terjemahan bahasa indonesia dari istilah AI(Aritificial Inteligence)

Berbicara tentang A.I pastinya yang pertama terbayang di pikiran kita adalah sebuah robot yang memiliki kecerdasan setara manusia atau lebih yang mungkin nanti akan menghancurkan manusia seperti di film Terminator.

Bayangan seperti itu mungkin agak sedikit kurang pas dari pengertian AI itu sendiri. Istilah A.I sendiri telah di popular kan sejak tahun 1956 oleh John McCarthy di Massachusetts Institute of Technology.

John Mccarthy
John Mccarthy from: http://www.independent.co.uk/news/obituaries/john-mccarthy-computer-scientist-known-as-the-father-of-ai-6255307.html

 

 

Menurutnya Istilah Kecerdasan Buatan atau AI kepanjangannya (Artificial Inteligence)  adalah cabang ilmu komputer yang bersangkutan dengan membuat komputer berperilaku seperti manusia. Itu berarti bahwa dalam Pengaplikasian Artificial Inteligence tidak hanya diterapkan pada robot saja.

Sekarang ini Kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence sudah mencakup banyak sekali area spesialisasi seperti:

1. AI pada Video Games

Anda mungkin tidak menyadari bahwa beberapa video game yang telah anda mainkan ternyata memiliki AI dalam sistem nya. Sebagai contoh sederhana saja ketika anda bermain catur di komputer, yang merupakan lawan anda adalah sebuah AI.

AI atau kecerdasan buatan di games

 

Contoh lainnya adalah ketika anda bermain counter strike offline, ketika anda perang melawan musuh, yang anda lawan sebenarnya hanyalah AI atau Kecerdasan Buatan. Juga pada Game GTAV untuk membuat karakter lain bergerak dan kelihatan hidup dan nyata maka dibutuhkan AI

2. AI Pada  Aplikasi Chat Bot

Sekarang ini memang sedang merebaknya chat bot, yaitu chat dengan komputer. Contoh saja chat bot chat bot yang ada di aplikasi chatting LINE, kebanyakan darii chat bot tersebut merupakan AI.

chat bot ai kecerdasan buatan
image from: https://chatbotsmagazine.com/chatbots-vs-mailing-lists-af826870fcd2

 

Jika anda pernah melakukan chat bot maka yang anda ajak chat hanyalah sebuah benda mati bernama komputer.

3. AI pada Self-Driving Cars

Self-Driving Cars atau Mobil yang bisa menyetir sendiri. Sudah pernah mendengar Mobil listrik Tesla, jika anda pernah mendengar nama elon musk pasti anda tidak akan bingung lagi akan apa itu mobil listrik tesla.

Jika anda tidak tau saya sarankan cobalah mencari tau tentang mobil listrik tesla dan tentunya juga siapa itu elon musk.

Penerapan AI atau kecerdasan buatan pada Mobil sekarang ini bukan menjadi hal yang begitu wah lagi karena diluar sana seperti amerika serikat mobil yang bisa menyetir dirinya sendiri sudah mulai umum digunakan

Self-Driving Cars AI
image from: https://electrek.co/2017/10/10/tesla-autopilot-owners-bought-fully-self-driving-capability/

 

Selain tiga area diatas AI (Artificial Inteligence) sekarang ini sudah banyak sekali membantu manusia di berbagai bidang. Maka dari itu jangan lah lagi kita menganggap bahwa AI adalah sebuah monster mengerikan yang akan membawa kiamat kepada dunia.

Rubah lah paradigma seperti itu karena apapun yang dikelola dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik juga. Begitu pula dengan AI jika dikembangkan untuk tujuan yang benar dan baik maka akan sangat membantu umat manusia dan sebaliknya jika pengembangan AI memiliki tujuan buruk maka masa depan manusia akan bisa dipastikan kehancurannya.

Dari pada pusing memikirkan tentang dampak buruk atau pun dampak baik dari AI ada baiknya kita mencoba AI itu sendiri secara langsung. Disini saya akan mengenalkan kepada anda sebuah eksperimen AI yang dilakukan oleh Google. Eksperimen ini bisa diakses oleh siapapun lewat website yang sudah disediakan oleh google.

 

 

AI di Google Experiments

Google AI Experiments
Google AI Experiments adalah sebuah karya untuk eksperimen sederhana yang memudahkan setiap orang untuk mulai mengeksplorasi pembelajaran mesin, melalui gambar, gambar, bahasa, musik, dan lainnya.

Begitulah isi penjelasan dari apa itu Google AI experiments yang saya dapat langsung di websitenya. Dari pada penasaran ada baiknya anda langsung menuju ke halaman website tersebut pada link: https://experiments.withgoogle.com/ai

Di dalam Website tersebut anda akan menemukan berbagai macam experiments AI yang keren-keren

Contoh dari Google AI experiments:

1. Giorgio Cam

Salah satu AI yang bisa anda coba di website Google Experiments adalah sebuah AI bernama Giorgio Cam.

Ini adalah eksperimen yang dibangun dengan pembelajaran mesin yang memungkinkan Anda membuat musik dengan komputer hanya dengan memotret. Ini menggunakan pengenal gambar untuk memberi label pada apa yang dilihatnya, lalu label itu menjadi lirik lagu.

Dengan kata lain AI Giorgio Cam ini akan menebak apa nama dari foto yang dia lihat, dan keren nya adalah saat mencoba AI ini juga akan memutar musik yang pastinya membuat ke-kerenannya bertambah

 

2. Quick, Draw

Satu lagi AI yang paling saya sukai dari Google Experiments. Dalam Quick, Draw anda akan disuruh menggambar sesuatu dan AI akan mencoba mengenali gambar apa yang telah anda buat.

Hal ini cukup karena AI akan berusaha untuk menebak dan mendapatkan hasil semirip mungkin

AI di dalam website Google tersebut hanyalah sebuah contoh dari AI yang bisa dibilang sebagai AI lemah atau berada pada tingkatan bawah.

Untuk AI yang memiliki kemampuan diatas biasanya hanya ada di laboratorium dan tidak untuk konsumsi masyarakat umum karena kemungkinan buruknya bisa saja terjadi.

Karena kalau sampai AI yang memiliki kemampuan Tinggi berhasil menyalin dirinya ke Internet dan belajar banyak data dari sana maka hal buruk dipastikan akan terjadi.

 

About Sogun

There are three constants in life… change, choice and principles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *