Cara Mengatasi Driver WiFi Tidak Terbaca Setelah Update di Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft yang dirilis sekitar bulan Juli 2015 lalu. Windows 10 dirancang untuk menyempurnakan pendahulunya Windows 8 dengan memberikan pengalaman yang lebih baik untuk user-nya. Windows 10 memberikan fitur-fitur yang sangat bagus dan diupdate secara berkala untuk tetap mengikuti teknologi terbaru serta memperbaiki bug yang ada pada versi sebelumnya. Windows 10 selalu rutin memberikan update berupa patch/build pada sistem operasinya setiap beberapa bulan.

Tetapi terkadang proses update ini justru sangat ‘menjengkelkan’ dan memberikan masalah baru setelah update. Karena setelah installasi update selesai bisa saja hardware dan software (driver) berjalan tidak selaras atau tidak kompatibel. Nah, beberapa waktu lalu saya sempat mengalami masalah pada driver WiFi setelah melakukan update pada Windows 10. Jadi sekarang, saya ingin membagikan pengalaman bagaimana mengatasi masalah tersebut kepada kamu yang mungkin juga mengalaminya.

Ciri-ciri dari driver WiFi yang tidak terbaca setelah update Windows 10 adalah sebagai berikut.

driver-tidak-terdeteksi-2

  • Driver WiFi tiba-tiba tidak terbaca setelah melakukan update patch/build, padahal sebelum melakukan update baik-baik saja.
  • Tidak ada logo WiFi yang biasanya tampil di menu taskbar Windows 10.
  • Driver WiFi di Device Manager sudah terbaca tetapi tidak muncul logo WiFi di taskbar.
  • Tidak bisa menangkap WiFi atau hotspot.
  • Sudah melakukan update driver, tetapi WiFi tetap tidak terbaca.

Cara Mengatasi Driver Wifi Tidak Terbaca Setelah Update Windows 10

Jika kamu mengalami masalah seperti yang sudah saya jelaskan di atas, maka cara berikut ini bisa kamu coba untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Pertama, masuk ke menu Network Connection dengan cara menekan tombol Windows + R di keyboard, kemudian ketik ncpa.cpl lalu klik Ok.npca-cpl
  2. Pada menu Network Connection, klik kanan pada bagian WiFi Adapter lalu pilih Disable. Maka WiFi anda akan tidak aktif.
  3. Sama seperti langkah sebelumnya, klik kanan pada WiFi Adapter tetapi sekarang pilih Enable.network-connection
  4. Bila sudah, maka driver WiFi PC atau laptop kamu akan kembali terbaca.

Itulah tadi solusi cara mengatasi driver WiFi yang tidak terbaca setelah update Windows 10. Jika setelah mencoba cara di atas driver WiFi kamu tetap tidak terbaca, maka gunakan kolom komentar untuk bertanya. Saya dengan senang hati akan membantu memberikan solusinya.

Check Also

Tips & Cara Menggunakan Hero Moskov Di Mobile Legends

Hero moskov memang menjadi hero yang sangat sakit terutama di akhir akhir pertandingan(late game),tapi setelah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *