Cara Mengatasi Bluescreen System Service Exception di Windows 10

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai cara mengatasi driver Wifi yang tidak terbaca setelah melakukan update Windows 10. Kali ini saya akan memberikan tips mengatasi bluescreen System Error Exception Windows 10. System Service Exception merupakan salah satu bluscreen of death yang bisa terjadi di PC atau laptop kamu.

Saya sendiri sempat mengalami bluescreen ini beberapa waku yang lalu setelah melakukan update pada Windows 10 saya. Bluescreen System Service Exception bisa disebabkan oleh banyak hal tetapi umumnya terjadi karena driver yang tidak kompatibel. Berikut ini adalah kemungkinan penyebab terjadinya bluescreen System Service Exception.

Penyebab Terjadinya Bluescreen System Service Exception

  • Software yang tidak kompatibel dengan Windows 10 yang baru saja diupdate.
  • Driver (terutama driver graphic card) yang tidak kompatibel.
  • Terdapat system file yang corrupt atau error.
  • Akibat antivirus atau clone drive yang melakukan perubahan sistem.

Cara Mengatasi Bluescreen System Service Exception

Kamu tidak perlu panik jika mengalami bluescreen System Service Exception karena cara mengatasinya sangatlah simpel dan mudah. Berikut ini adalah 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bluescreen System Service Exception.

Cara 1: Update (Perbarui) Driver Kamu

Kemungkinan terbesar bluescreen System Service Exception adalah disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel. Oleh sebab itu kamu bisa mengecek device manager dan melihat apakah ada driver yang outdated (kadaluarsa) atau tidak kompatibel. Jika terdapat tanda merah atau tanda seru kuning maka itu berarti device driver yang kamu gunakan bermasalah.update-device-manager-1024x547

 

Untuk mengupdatenya kalian tinggal pilih saja driver yang bermasalah, kemudian klik kanan lalu pilih Update Driver.

Cara 2: Revisi atau Kembalikan Perubahan Sistem

Jika kamu mengalami masalah bluecreen System Service Exception ini setelah melakukan update Windows 10 maka penyebabnya adalah driver yang tidak cocok dengan Windows 10 atau dengan PC kamu. Berbeda dengan cara sebelumnya, kamu tidak akan melihat tanda-tanda dari driver yang bermasalah. Oleh sebab itu cara ini lumayan sulit. Jika kamu tau driver mana yang bermasalah maka kamu bisa melakukan roll back dengan cara buka Device Manager, pilih driver yang kamu anggap kemungkinan penyebabnya kemudian klik kanan > properties, lalu pilih tab Driver > Roll Back Driver.

roll-back-driver

Jika bluescreen terjadi karena kamu baru menginstall software baru, maka baiknya kamu uninstall saja software tersebut.

Cara 3: Jalankan System File Checker

Kemungkinan lain yang menyebabkan terjadinya bluescreen System Service Exception adalah adanya system file yang corrupt atau terjadi kesalahan pada system file. Untuk mengatasinya kamu bisa menjalankan System File Checker melalui Command Prompt. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada keyboard tekan tombol Windows + S, ketikkan cmd pada search bar, kemudian klik kanan pada Command Prompt > Run As Administrator.
  2. Ketik chkdsk /f /r pada Command Prompt, lalu tekan Enter.cmd
  3. Tekan tombol Y pada keyboardcmd1
  4. Restart PC dan tunggu hingga proses pengecekan selesai.

Cara 4: Uninstall Antivirus Dari Pihak Ketiga

Meskipun jarang terjadi tetapi antivirus dan clone drive juga dapat menjadi penyebab terjadinya bluescreen System Service Exception karena dapat melakukan perubahan sistem. Jika kamu mempunyai software aplikasi seperti McAfee, BitDefender, Virtual Clone Driver, dan sejenisnya maka lebih baik di uninstall saja.

Itulah tadi cara mengatasi bluescreen System Service Exception di Windows 10. Semoga tips ini bisa membantu kamu dalam mengatasi bluescreen yang menyebalkan ini sehingga PC kamu bisa digunakan seperti biasa. Jika terdapat hal yang kurang jelas, kamu bisa gunakan kolom komentar di bawah untuk bertanya.

Check Also

Item Build Tersakit Moskov Mobile Legends

Hero moskov memang menjadi hero yang sangat sakit terutama di akhir akhir pertandingan(late game),tapi setelah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *