Minecraft adalah salah satu game yang sangat populer saat ini, karena sangat banyak hal atau fitur-fitur yang bisa ditemukan pada game tersebut. Contohnya kita bisa menambang, membuat rumah, melawan monster, dan juga yang lainnya.

Dan disini juga terdapat banyak sekali barang dan material yang terdapat dalam game ini yang membuatnya makin menarik. Dan ada 2 mode yaitu mode Survival dan Creative.

Dimana mode Survival yaitu mode dimana seperti terjemahannya yaitu Bertahan Hidup. Di mode ini kita akan disuruh mencari barang, melawan monster dan bertahan hidup dengan mencari makanan dari berburu atau bertani.

Dan berkebalikan dengan Creative atau Kreatif, mode Kreatif adalah mode dimana kita sudah disiapkan segala macam barang atau perlengkapan yang ada di Minecraft. Selain itu, di mode Kreatif kita juga tidak akan bisa mati dan tidak akan pernah lapar.

Dan yang membuatnya makin menarik adalah dengan adanya beberapa Portal seperti portal Naga dan portal Neraka. Dimana kamu akan berada di Neraka atau tempat Naga tergantung Portal yang kamu masuki.

Kedua portal ini adalah tempat yang tidak bisa dicari tanpa menggunakan portal. Dan kembali ke tempat asal atau di tempat kita berteleportasi juga memerlukan portal agar bisa kembali.

Saat masuk portal neraka kamu akan dibawa ke suatu tempat yang mirip dengan neraka, seperti adanya danau lava, dan ada makhluk-makhluk aneh.

Dan pada portal Naga atau Ender Portal kamu akan dibawa ke suatu tempat dimana ada sangat banyak EnderMan atau makhluk yang berwarna hitam, dan juga Naga.

Dan tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah bagaimana cara membuat 2 portal yaitu portal Neraka dan portal Naga di Minecraft.

1.Portal Neraka

Portal neraka, seperti namanya saat masuk portal ini kita akan menemukan tempat selayaknya neraka, dengan banyak monster atau iblis. Selain itu, di tempat ini juga terdapat danau lava, yang pasti kita akan mati saat jatuh, dan dalam mode survival.

Dan, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan untuk membuat portalnya, seperti berikut:

  • Obsidian
  • Batu Api dan Baja

Cara membuat:

  • Pertama buat bentuk persegi panjang dengan Obsidian, dengan lubang yang lebar lubangnya minimal 2 kotak, dan minimal panjang lubangnya 3 kotak
  • Setelah itu, gunakan Batu Api dan Baja pada salah satu Obsidian yang ada di lubang

Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar portal neraka berikut.

Setelah seperti itu, yaitu adanya warna-warna atau hawa-hawa ungu didalam lubangnya, itu tandanya portal tersebut aktif atau bisa digunakan. Dan kamu akan masuk ke tempat neraka setelah memasuki portalnya.

2.Portal Naga

Portal Naga, bukanlah menjadi nama asli dari partal tersebut, namun nama aslinya adalah End Portal. Namun, karena ada naganya, portal ini sering disebut portal naga.

Dan dalam portal ini kamu akan menemukan sangat banyak Enderman, dan sebuah naga.

Dan, berikut ini beberapa bahan-bahan yang perlu digunkan untuk membuat pertalnya:

  • Portal End
  • Mata Ender

Cara Membuat:

  • Pertama, kamu buat bentuk persegi dengan Portal End, dengan panjang 5 blok disetiap sisinya
  • Hapus, blom Portal End di setiap pojoknya
  • Pasang Mata Ender di atas setiap balok Portal End

Tapi membuatnya tidak asal-asalan, karena banyak yang gagal membuat portal ini. Dimana, saat gagal, penyebabnya adalah kesalahan pemasangan Portal End nya.

Dimana, saat memasang Portal End, arah kamu memasang harus lurus sesuai kamu memasang Portal End di sisi mana.

Berikut contoh pemasangan Portal End yang salah, dimana, garis nya tidak menghadap ke tengah portal, tapi menghadap ke samping portal.

Sedangkan berikut contoh pamasangan Portal End yang benar, dimana garis portalnya menghadap ke tengah, dan bukanya ke samping, dan lakukan begitu juga sesuai sisi Portal End.