APAKAH ADA KEHIDUPAN SELAIN DI BUMI

Apakah Ada Kehidupan Di Luar Angkasa

Apakah ada kehidupan di luar angkasa atau lebih jelasnya apakah ada kehidupan selian kita yang ada dibumi ??? ~ Pertanyaan tersebut mungkin menjadi satu pertanyaan yang paling misterius dan juga pertanyaan yang paling ditunggu-tunggu umat manusia yang sampai detik ini pun belum kita ketahui jawaban pastinya. 

Kita Mengetahui bahwa galaksi bimasakti, tempat kita berada saat ini memiliki sekitar 400 milyar bintang didalamnya dan alam semesta kita ini juga diperkirakan oleh ilmuan memiliki ratusan milyar galaksi seperti bimasakti yang sama-sama memiliki milyaran bintang didalamnya.

Jika dipikir-pikir dari sekian milyar triliun bintang yang ada di alam semesta kita ini, mustahil rasanya jika hanya ada satu bintang kerdil bernama matahari saja yang memiliki kehidupan. Apakah anda juga berpikir sama?

Untuk menjawab rasa penasaran tentang kehidupan diluar bumi, tidak sedikit manusia yang tertarik dan berkeinginan kuat untuk mencari jawabannya

Maka sampailah pada tahun 1974 ketika sekelompok ilmuan mengirimkan sinyal Radio berkekuatan tinggi keluar angkasa dengan tujuan melakukan kontak dan mengirimkan pesan kepada mahluk asing diluar sana dan dengan harapan pesan mereka itu dijawab oleh sesuatu yang ada di luar sana

pesan radio ke luar angkasa
isi Pesan Radio Arecibo

tetapi kenyataannya sampai saat ini pun pesan tersebut belum juga dibalas, yang berarti kita juga belum bisa mendapat kepastian apakah kehidupan diluar angkasa atau lebih dikenal dengan sebutan alien itu ada atau tidak???

Jika kehidupan diluar planet bumi itu ada kenapa sampai saat ini kita belum juga bertemu dengan mereka atau sekedar menemukan bukti-bukti nyata akan keberadaan dari kehidupan tersebut, ataukah kita memang sendirian di alam semesta yang begitu luas ini???

 

KENAPA???

Ada Beberapa Alasan atau kemungkinan kenapa sampai saat ini kita belum juga bertemu dengan mereka atau setidaknya mendapatkan jawaban dari pertanyaan apakah ada kehidupan di luar angkasa dibawah ini!!!

1. Alam Semesta Terlalu Luas

Alasan pertama kenapa kita belum juga mengetahui apakah kehidupan di luar angkasa itu ada atau tidak adalah alam semesta kita ini terlalu luas

Jika saja kehidupan diluar bumi itu ada, mungkin mereka belum bisa kita jumpai karena jarak pemisah antara planet kita dengan planet mereka terlalu jauh untuk dijangkau, bahkan oleh sinyal radio yang pernah dikirim manusia sekalipun.

alam semesta terlalu luas

Bayangkan saja betapa luasnya alam semesta kita ini, bintang paling dekat dengan tata surya kita saja yang bernama Proxima Centauri, memiliki jarak sekitar 4 tahun cahaya (39triliun kilometer) dari bumi, dimana jika kita memiliki pesawat dengan kecepatan setara kecepatan cahaya (300.000km/detik), maka pesawat tersebut akan memerlukan kurun waktu 4 tahun untuk tiba di bintang tersebut.

Sinyal radio yang kita kirimkan 40 tahun lalu, saat ini baru menempuh jarak sekitar 40 tahun cahaya (kecepatan gelombang radio hampir setara kecepatan cahaya).

Untuk menempuh seluruh bagian galaksi bimasakti kita membutuhkan waktu setidaknya 100 ribu tahun dan membutuhkan waktu 2,5 juta tahun agar pesan radio tersebut sampai di galaksi tetangga kita, ANDROMEDA.

Mungkin saja jarak 40 tahun cahaya dari bumi belum ada kehidupan, dan bisa jadi kita harus sedikit bersabar agar sinyal tersebut dapat bergerak lebih jauh dan sampai ditempat tujuan.

2. Kehidupan Diluar Bumi Tidak Memiliki Kecerdasan

Mungkin saja ada kehidupan diluar planet bumi, tetapi mereka belum memiliki kecerdasan untuk membuat pesawat canggih yang bisa menjelajah alam semesta atau sekedar teknologi untuk menjawab sinyal radio yang pernah kita kirimkan untuk mereka 40 tahun lalu.

Jika hal tersebut terjadi bisa saja kehidupan diluar sana hanya berupa mahluk bersel satu dan sejenis dengan binatang yang belum memiliki kecerdasan. 

Atau mungkin kehidupan tersebut memiliki kecerdasan setara dengan manusia, yang belum memiliki teknologi canggih untuk menjelajah alam semesta ini, dan akhirnya mereka terisolasi di planetnya sendiri seperti manusia dan terus bertanya-tanya apakah ada kehidupan di luar planet mereka

3. Alien Tidak Mau Keberadaan Mereka Diketahui

apakah ada alien di luar angkasa

Mungkin saja sudah banyak alien yang pernah mengunjungi Planet kita ini dengan pesawat-pesawat canggih mereka yang mampu menjelajah luar angkasa dengan kecepatan tinggi, tetapi kita-nya saja yang belum mampu untuk menditeksi keberadaan mereka atau bisa jadi mereka berusaha agar keberadaannya tidak diketahui oleh kita manusia, dengan maksud dan tujuan tertentu

4. Sengaja Disembunyikan

Memang terdengar agak tidak masuk di akal, tetapi Mungkin saja alien pernah singgah kebumi dan melakukan kontak dengan manusia atau bisa jadi sinyal yang dikirim oleh teleskop radio Arecibo, 40 tahun lalu sudah dijawab oleh mahluk asing diluar sana. 

Tetapi ada pihak-pihak yang sengaja dan berusaha menutup-nutupi agar masyarakat umum tidak mengetahuinya dan tidak menimbulkan kepanikan atau masalah-masalah baru yang bisa saja muncul.

Memang jawaban pasti dari pertanyaan apakah ada kehidupan di luar angkasa itu ada atau tidak, hal ini disebabkan karena banyaknya kemungkinan dan hal-hal tentang alam semesta ini yang belum mampu dinalarkan atau dipikirkan oleh akal manusia

Tapi niscaya dengan kerja keras para ilmuan yang terus berupaya mengungkap jawaban dari pertanyaan apakah ada kehidupan diluar angkasa, pasti suatu saat nanti kita semua yang ada dibumi ini akan mengetahui fakta sebenarnya tentang kesendirian kita di alam semesta yang penuh dengan misteri ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *